Komputer dan masyarakat (computers in civilization) merupakan salah satu mata kuliah yang diajarkan pada fakultas komputer, mengapa komputer dihubungkan dengan masyarakat? mengapa bukan teknologi informasi yang dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam bukunya Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi informasi (TI) sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka pasti berhubungan dengan komputer. Namun terlepas dari itu, komputer dan masyarakat merupakan sebuah studi tentang bagaimana pemanfaatan komputer di berbagai aspek kehidupan di masyarakat (sosial komputer), bagaimana komputer memberi pengaruh, bahkan membentuk budaya atau tren baru. Pada tulisan kali ini, penulis mencoba membahas hal yang terkait dengan komputer dan masyarakat, yaitu pemanfaatan komputer pada berbagai bidang.
Berikut
ini adalah beberapa contoh bagaimana komputer digunakan dalam bidang yang
sering dijumpai di masyarakat :
1.
BISNIS
- · Dokumen
Dalam bidang
bisnis, bahkan tidak hanya bisnis, menggunakan komputer untuk membuat
dokumen-dokumen seperti kontrak, brosur, surat, laporan tahunan, manual
prosedur, pernyataan kebijakan, dll. Dokumen disimpan, dipanggil kembali,
diedit, dan didistribusikan oleh komputer dengan menggunakan program yang
secara umum disebut pengolah kata (word processing). Memo yang sebelumnya
ditulis pada kertas dan didistribusikan oleh bagian surat via pos, sekarang
ditulis pada komputer dan didistribusikan dengan model surat elektronik
(email).
- · Keuangan
Komputer sangat
cocok saat kita bekerja dengan angka-angka. Salah satu penggunaan awal komputer
adalah menghitung, baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, matriks,
mengerjakan rumus, diferensiasi, dll. Komputer dapat dengan cepat dan akurat
menghitung kembali ratusan rumus dalam satu waktu. Bahkan komputer mampu
mengelola angka-angka menjadi grafik yang cukup memakan waktu bila dikerjakan
dengan cara konvensional (tanpa komputer) program komputer yang biasa mengolah
angka disebut spreadsheet.
- · Menjadwalkan Pertemuan
Aktifitas
kelompok membutuhkan koordinasi yang kerap terjadi dalam pertemuan. Menemukan
yang tepat untuk pertemuan dapat menjadi tugas yang sulit jika dilakukan dengan
telpon. Organisasi bisnis sering menggunakan program komputer calender dimana
anggota kelompok mencatat aktifitas-aktifitas mereka. Jika seseorang ingin
menyusun sebuah pertemuan, program terlebih dahulu mencari agenda dari semua peserta
untuk menemukan waktu dimana semua anggota dapat hadir, kemudian ia memeriksa
agenda lainnya untuk menemukan ruang yang tersedia.
- · Manajemen Proyek
Proyek-proyek
yang kompleks melibatkan banyak kelompok yang berbeda-beda, yang harus
dikoordinasi dan dikelola. Aktifitas-aktifitas yang dikenal sebagai tugas
(task) sering saling tergantung dan penundaan atau perubahan pada suatu tugas
mempengaruhi tugas lainnya. Komputer dapat digunakan untuk secara otomatis memperbarui
bagian-bagian tersebut ketika data yang diolah berubah. Intinya, pengelolaan
proyek yang kompleks tersebut, disederhanakan dan disusun teratur oleh
komputer.
2.
PENDIDIKAN
- · Pendidikan Jarak Jauh
Pendidikan saat
ini dapat secara signifikan dipengaruhi oleh penggunaan komputer untuk melakukan
kegiatan belajar jarak jauh. Jika siswa dan guru menggunakan komputer atau
internet pada waktu yang sama, ini disebut pertemuan kelas sinkronus. Jika
siswa dan guru mengirim pesan dan bertukar informasi pada waktu yang berlainan,
kelas ini disebut asinkronus. Istilah pendidikan jarak jauh sudah umum
digunakan karena metode ini populer untuk mengajar banyak orang di area yang
tersebar. Model pendidikan ini juga populer diantara siswa yang punya jadwal
kerja padat dan berlokasi pada jarak yang jauh.
- · Laporan
Aktifitas
akademik dapat dengan mudah diketahui oleh siswa dengan membuka komputer,
lembaga pendidikan menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang guru
menyampaikan dengan transparan hasil belajar siswa. Bila ujian dilakukan
dikelas, maka bagi siswa yang berhalangan dapat mengerjakannya dirumah dengan membuka
komputer.
- · Keterlibatan Orang Tua
Banyak orang tua
memiliki komputer dan akses internet. Mereka perlu menggunakannya untuk melihat
apa yang terjadi di ruang kelas, dan guru-guru pun mulai berkomunikasi dengan
orang tua secara online. Bahkan orang tua diberikan akses khusus untuk
mengetahui kehadiran anaknya, pembayaran SPP, nilai ujian harian, dan
berkonsultasi langsung dengan wali kelas. Bandingkan dengan dulu, dimana orang
tua berkenan hadir ke sekolah hanya untuk mengetahui laporan akhir belajar
anaknya, sehingga komputer betul-betul bisa mendukung interaksi sekolah dan
orang tua.
- · Presentasi
Ketika seseorang
atau suatu kelompok ingin mengkomunikasikan sebuah gagasan kepada orang lain,
hal itu sering kali dapat dilakukan secara efektif dalam sebuah pertemuan
dimana presenter menggunakan alat visual untuk menyampaikan pemikirannya. Dulu,
orang-orang mempersiapkan transparansi yang diproyeksikan pada sebuah layar
sementara presenter berbicara. Komputer biasa digunakan untuk mengatur gambar
dan teks dan memproyeksikannya pada sebuah layar dalam proses yang sangat
serupa. Presentasi dengan menggunakan komputer dapat disusun, diedit, disalin,
dan didistribusikan dengan jauh lebih cepat ketimbang presentasi menggunakan
transparansi.
3.
KEDOKTERAN
- · Mendiagnosa Pasien
Komputer dapat
digunakan untuk menghasilkan foto yang lebih baik dari tubuh pasien. Sinar-X
adalah teknik tradisional yang merekam bayangan dua dimensi dari tulang pada
film. Computerized Axial Tomography, juga dikenal sebagai CAT scan, adalah
serangkaian gambar sinar-X dua dimensi yang digabungkan dengan komputer untuk
mendapatkan gambar tiga dimensi.
- · Rekam Medis
Setiap kali kita
mengunjungi seorang dokter atau pergi kerumah sakit dan setiap kali kita
mengisi formulir, informasi tentang kunjungan kita dan obat (resep) yang kita
terima akan menjadi bagian dari satu atau lebih database tentang sejarah
kesehatan pribadi kita. Dibeberapa kantor praktik dokter, diagnosis dicatat pada
kertas file folder sedangkan kantor praktik lainnya mencatatnya pada komputer.
4.
MILITER
- · Pelatihan
Komputer
digunakan untuk mensimulasi perilaku dari pesawat, kendaraan dan system senjata
untuk memberikan praktik kepada para trainee (orang yang dilatih), dan
memungkinkan mereka belajar dari kesalahan fatal yang mematikan. Komputer dapat
merekan kinerja trainee dan menampilkannya kembali sehingga trainee dapat
mengamati perilaku mereka sendiri dan belajar dari perilaku tersebut. Banyak
orang militer masuk medan perang dengan pengalaman terbatas dalam hal
penggunaan amunisi, tetapi simulasi sangat realistis sehingga mereka dapat
melakukan tugas mereka dengan baik.
- · Senjata Canggih
Komputer digunakan untuk mengidentifikasi
target dan mengarahkan peluru mereka. Tentara, kendaraan perang, atau senjata
pemandu dapat diperlengkapi dengan penerima Global Positioning System (GPS),
yang mengidentifikasi lokasi eksak dari posisi teman atau lawan. Senjata yang
dapat menyesuaikan secara otomatis dengan berbagai posisi dan membidik
targetnya dengan persisi disebut Smart Weapon. Sebagai contoh, bom yang dapat
mengarah dirinya kepada sebuah target yang ditandai dengan sinar laser Smart
Bomb. Sebetulnya, masih banyak bidang yang memanfaatkan komputer sebagai alat
bantu seperti pemerintahan, transportasi, gudang, pengairan, perhubungan dll.
Namun, dengan uraian singkat ditas diharapkan dapat memberikan gambaran kaitan
Komputer dan Masyarakat.
Referensi
1. Preston John, 2005. Computer in a Changing Society, Prentice Hall.
2. Pranoto Joyo Adam, 2007. Pemanfaatan IT pada Berbagai Bidang Industri.
3. http://adaminstitute.blogspot.com
0 komentar:
Posting Komentar